Kegiatan Sosialisasi KPM Untuk Penanggulangan Stumting Di Pesawaran

Kegiatan Sosialisasi KPM Untuk Penanggulangan Stumting Di Pesawaran
KPM Pesawaran

PESAWARAN - Punduh pedada Rabu 19,8,2020 Dinas pemberdayaan masyarakat dan Desa Kabupaten pesawaran. Melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembinaan kepada kader pe! bangunan manusia(KPM) yang ada di 11 Desa se-kecamatan Punduh Pedada, di Kabupaten Pesawaran. 

Urgensi kader pembangunan manusia yang dilaksanakan di gedung GSG Desa Banding Agung, dan acara tersebut dibuka langsung oleh Camat Punduh Pedada Darlis,SE. Dalam kesempatan tersebut hadir pula, Drs Nur Asikin, MIP sebagai sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pesawaran sebagai moderator bagi kader KMP yang ada di Desa se-kecamatan Punduh Pedada. 

Asikin menjelaskan untuk para kader KPM yang ada di Desa se-kecamatan Punduh Pedada harus memahami ciri ciri STUNTING pada anak. 

"STUNTING adalah kondisi dimana tinggi badan seseorang ternyata lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang lain pada umumnya.lanjut beliau. 

Penyebab anak mengalami stunting dengan faktor gizi buruk yang dialami Ibu hamil maupun anak belita, kurang pengetahuan ibu hamil mengenai kesehatan dan gizi sebelum masa kehamilan dan setelah melahirkan, dan serta masih terbatas nya layanan kesehatan", jelasnya.

Komponen utama penanggulangan stunting adalah :

Pola Asuh, pola makan dan air bersih sanitasi, karena masa depan bangsa terkantung kita saat ini, dan itu untuk pencegahan stunting bisa di ambil kebijakan prioritas pengunaan dana desa, sesuai dengan Peraturan Mentri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No.16 Tahun 2018 Tentang prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2019, 

Jadi untuk Kader KPM harus sigap dan sering melakukan Bimbingan Teknis kepada masyarakat, dan harus lebih serius lagi bagi Sektaris Desa (sekdes) harus bisa memberikan masukan kepada operator desa dan pendamping desa harus bisa menganggarkan dana Desa.

Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan hadir pula dari petugas kecamatan Bpk Hudri, Zikri dan Anwar, dan perwakilan KUPT kesehatan Punduh Pedada,(A.Sundari/Agung)