Permintaan Penundaan Pilkada 2020, Ini Jawaban Ketua KPU Pesawaran

Permintaan Penundaan Pilkada 2020, Ini Jawaban Ketua KPU Pesawaran
Jawaban KPU Pesawaran terkait Penundaan Pilkada 2020

PESAWARAN - Berkembang desakan penundaan penyelenggaraan Pilkada Desember 2020, terkait masih meningkatmya angka penularan virus covid 19 dan masifnya penyebaran covid 19, tentunya menjadi suatu hal yang dilematis bagi KPU sebagai penyelenggara Pemilukada tahun ini. 

Adanya permintaan penundaan penyelenggaraan pilkada muncul dari Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), yang beranggapan bahwa masih masif nya penyebaran covid19.

Dihubungi via pesan WhatsApp ketua KPU kabupaten pesawaran Yatin Putro Sugino menjelaskan pihaknya belum menerima perintah dari KPU RI atau pusat. 

"Sebagai lembaga negara kami masih menunggu keputusan dari pusat , sejauh ini tahapan masih berjalan yang memang sudah terjadwal, sesuai PKPU 5 tahun 2020 ", jelasnya, Sabtu (19/09/2020). 

Ketua KPU pesawaran menambahkan saat ini KPU pesawaran yang ikut juga melaksanakan Pilkada serantak sudah pada tahapan pelaksanaan pengumuman data pemilih sementara di tiap desa. 

"Saat ini pada tahapan pengumuman data pemilih sementara di tiap desa, agar tidak ada data yang keliru pada saat penetapan menjadi data pemilih tetap (DPT) " pungkasnya.(Agung)